Senin, 25 Januari 2016

Fakta – Lukisan Gua Tertua di Dunia

Cerita Mitos | Cerita Fakta | Kisah Nyata | Cerita Legenda | Masa Sejarah 
Penemuan lukisan gua tertua, Lukisan kuno tertua di dunia, Lukisan tua di Sulawesi, Lukisan gua tertua di Sulawesi, Fakta lukisan gua tertua

Fakta – Lukisan Gua Tertua di Dunia

SULAWESI TERNYATA MENYIMPAN LUKISAN GUA TERTUA DI DUNIA

Tahukah kamu bahwa Sulawesi, selain menyimpan keindahan alam yang tidak terkira ternyata juga menyimpan salah satu lukisan paling tua di dunia.

Lukisan itu merupakan lukisan gua yang diukir oleh manusia purba yang menghuni di kawasan Sulawesi Selatan, yang sekarang kita kenal dengan Maros, Pangkep, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan kerjasama antara Pusat Arkeologi Nasional dengan Universitas Wollongong dan Universitas Griffith (Australia), lukisan tersebut diperkirakan kurang lebih berusia 40.000 tahun. Temuan yang juga dipublikasikan oleh National Geographic pada Oktober 2014 silam ini, sontak mengejutkan para ilmuwan yang saat itu beranggapan bahwa lukisan gua tertua hanya terdapat di Eropa saja.

Para peneliti yang terlibat dalam kegiatan ini menggunakan metode uranium untuk menemukan kapan lukisan ini dibuat. Hasil lengkap dari penelitian ini sendiri kemudian dipublikasikan pada jurnal ilmiah Nature edisi 9 Oktober 2014.

Dengan diketahuinya usia lukisan gua di Sulawesi Selatan ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa homo sapiens awal yang menghuni kawasan Sulawesi Selatan ini, telah mengenal seni cadas atau seni batu, dalam waktu yang relatif bersamaan dengan homo sapiens yang kala itu berlokasi di Eropa.

Lukisan gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1950an oleh 2 orang penggali bernama HR van Heekeren dan CHM Heeren-Palm di Leang Pettae dan Leang Burung. Namun sejak ditemukannya lukisan gua ini, sampai penelitian lebih lanjut dilakukan, usia lukisan gua ini masih menjadi misteri.

Di Eropa sendiri lukisan gua tertua yang termasuk ke dalam lukisan sederhana (non-figurative) disebutkan berusia 41.000 tahun. Lokasinya berada di Situs El Castillo, Spanyol, dan merupakan situs yang banyak dipercaya oleh arkeolog sebagai situs lukisan gua tertua di dunia.

Ada yang pernah melihat langsung lukisan ini? Tag teman-temanmu dan sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Tag Terkait :

  • Penemuan lukisan gua tertua
  • Lukisan kuno tertua di dunia
  • Lukisan tua di Sulawesi
  • Lukisan gua tertua di Sulawesi
  • Fakta lukisan gua tertua

Fakta dan Mitos | Kumpulan Fakta | Kisah Nyata | Kumpulan Sejarah | Cerita Rakyat Legenda

0 komentar:

Posting Komentar