Jumat, 25 Desember 2015

Sejarah – 26 Desember Tsunami

Cerita Mitos | Cerita Fakta | Kisah Nyata | Cerita Legenda | Masa Sejarah 

Sejarah  – Mengingat Tsunami Aceh 26 Desember 2004

Tsunami Aceh, 26 Desember Aceh Tsunami, Bencana di Tanggal 26 Desember, Tragedi Tsunami Aceh, Bencana Alam Tsunami.
Sejarah  – 26 Desember 2004 Tsunami
Kita tidak bisa melupakan kejadian yang menimpa saudara saudara kita yang ada di aceh dan disekitarnya. Kebesaran Allah yag sangat dahsyat iini, terjadi pada tanggal 26 desember 2004, dan sekarang tanggal 26 desember 2015,  jadi 11 tahun yang lalu saudara kita yang berada di aceh dan sekitarnya sedang di uji keimanan, apakah manusia tersebut tahan atau malah marah2 atas segala musibah yang sedang di alami manusia.

Kita mengenang terjadinya tsunami 11 tahun yang lalu , banyak sekali orang yang kehilangan orang tuanya, banyak yang kehilngan rumahnya, dan banyak anak  yang menjadi yatim karena kehilangan orang tuanya .banyak bangunan2, rumah2 rata dengan tanah. Mereka hanya bisa meratap dan menangis menerima semua yang terjadi. Hannya mesjid dan tempat ibadah yang lainnya, yang berdiri kokoh, di rimbunan bangunan yag rata dengan tanah. Itu membuktikan, betapa kebesaran Allah yang melindungi tempat ibadah dan memberikan pembelajaran kepda manusia.

Anak anak yang mempunyai mimpi yang luar biasa, hilang sekejap ketika air gelombang menghapus semua cita cita yg ingin di gapai. Ketika kita sedang berbahagia, kita akan melupakan yang namanya bersyukur, ketika kita sedang sedih, kita akan mengingat yang namanya bersyukur. Oleh karena itu, Allah mencoba menguji kita dengan menurunkan musibah kepada kita, agar manusia bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta. Mungkin ini, murka Allah kepda manusia, masih saja melakukan kemaksiatan dan melupakan ibadah kepada  Allah.

Luka yang tidak dapat dilupakan seumur hidup kita, biarlah ini sebagai kenangan dan pembelajaran kepada kita semua. Andaikan semut yang sedang berjalan di tanah, dan dilihat dari atas, semut itu terasa kecil karena jaraknya semakin jauh. Seperti itu juga, manusia itu seperti semut, sangat kecil sekali di lihat dari langit sana, pantaskah kita sombong dengan wanita, harta, tahta dan jabatan yang kita punya di dunia ini . semuanya akan sirna sekejap, apabila kita tidak bersyukur. Andaikan kita dapat bersyukur, ketika mendapat rezeki walaupun itu sedikit, maka ucapkan lah Alhamdullilah dan berbagi lah kepada sesama manusia yang lainnya
Dalam alquran telah menjelaskan:

Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.

(QS. Al-Qamar (54) : 49)
Mari kita perhatikan dengan seksama waktu kejadian tsunami  tersebut dengan ayat-ayat yang telah dicocokkan dengan waktu kejadian tersebut.
Sesuai dalam Al-Qur’an surat ke 17 (surat Al-Isra’) ayat 16 yang artinya :

“Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.”
Selanjutnya Sesuai dalam Al-Qur’an surat ke 17 (surat Al-Isra’) ayat 58 yang artinya :

“Tak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat atau Kami azab (penduduknya) dengan azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuzh).

Dan mengapa ada orang-orang tidak percaya akan peringatan yang tertulis dalam Al-Qur’an?

“Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami, mereka berkata: “Sesungguhnya kami telah mendengar (ayat-ayat yang seperti ini), kalau kami menhendaki niscaya kami dapat membacakan yang seperti ini, (Al Quran) ini tidak lain hanyalah dongeng-dongengan orang-orang purbakala.”

(QS. Al Anfaal (8) : 31)

Orang-orang yang mengingkari Al-Qur’an menganggap Al-Qur’an hanyalah buku cerita dongeng purbakala.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda :

Abu Hurairah berkata, “Nabi bersabda, ‘Tidak akan tiba hari kiamat sehingga ilmu pengetahuan (agama) dilenyapkan, banyak gempa bumi, masa saling berdekatan (semakin singkat), banyak timbul fitnah, banyak huru-hara yaitu pembunuhan, hingga harta benda melimpah ruah di antara kamu.”
(Hadits Riwayat Bukhari, Muslim dan Abu Daud)

“Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman.”
(Hadits Riwayat Ahmad)

Apakah kiamat akan datang  sebentar lagi..??

Allah SWT berfirman :

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

(QS. Al-A’raaf (7): 187)

Dan juga pada ayat :

Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.” Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.

(QS. Al-Ahzab (33): 63)

Kemudian dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW :
Malaikat Jibril mendatangi Muhammad yang bertanya tentang kapan terjadinya kiamat, Jibril bertanya: “Kabarkanlah kepadaku, kapan terjadi Kiamat?” Kemudian Muhammad menjawab: “Tidaklah orang yang ditanya lebih mengetahui daripada orang yang bertanya.”
(Hadits Riwayat Muslim, Abu Daud, Tirmizi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Silahkan Buka Surat ke 7 Al A’raf ayat ke 59 (sesuai Waktu Terjadinya tsunami )

59 Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya lalu ia berkata, “Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada Tuhan bagimu selain-Nya.” Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah), aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar (kiamat).

60Pemuka-pemuka dari kaumnya berkata, “Sesungguhnya kami memandang kamu berada dalam kesesatan yang nyata.” 61 Nuh menjawab, “Hai kaumku, tak ada padaku kesesatan sedikit pun tetapi aku adalah utusan dari Tuhan semesta alam.

62 Aku sampaikan kepadamu amanat-amanah Tuhanku dan aku memberi nasihat kepadamu, dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui.”
63 Dan apakah kamu (tidak percaya) dan heran bahwa datang kepada kamu peringatan dari Tuhanmu dengan perantaraan seorang laki-laki dari golonganmu agar dia memberi peringatan kepadamu dan mudah-mudahan kamu bertakwa dan supaya kamu mendapat rahmat?

Setelah kita telaah, banyak isi kandungan al quran dan hadist yang menerangkan tentang musibah yang diberikan kepada manusia. Agar kita dapat mempelajari smua isi kandungan ayat dan hadis tersebut agar manusia dapat mendekatkkan diri kepada Allah dan bertambah taat kepada Allah. Tidak ada kata sombong dalam hati kita, tidak ada kata acuh tak acuh terhadap sesame, tidak ada kata hidup sendiri.

Kita hidup didunia ini hanya 1 kali aja, maka kita manfaatkan sebaik baiknya utk beribadah dan berbuat baik kepada sesama.

Mari kita doakan saudara saudara kita selama 11 tahun ini kita mengenang kejadian tsunami, semoga amal ibadah yang di tinggalkan orang tuanya, anaknya, dan lainnya. Semoga dikuatkan hatinya, diberikan kesabaran.

Semoga rumah dan bangunan yang hancur akan diberikan Allah yang lebih bagus dan indah. Semoga ini sebagai introfeksi manusia, agar tdk lagi melakukan kemaksiatan tapi meningkatkan ibadahnya kepda Allah SWT.

Al fatihah….
Mari baca Al ikhlas 3x, al falaq 1x,, dan an nas 1 x…
AAMiin….

Tag Terkait :

  • Tsunami Aceh
  • 26 Desember Aceh Tsunami
  • Bencana di Tanggal 26 Desember
  • Tragedi Tsunami Aceh 
  • Bencana Alam Tsunami

Fakta dan Mitos | Kumpulan Fakta | Kisah Nyata | Kumpulan Sejarah | Cerita Rakyat Legenda

0 komentar:

Posting Komentar